Android Canggih

Spesifikasi Canggih Harga Samsung Galaxy S8 dan S8 +

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus - Infinity tampilan Galaxy S8 dan S8 + yang menakjubkan ada di bagian dalam dan luar. Layar smartp...

Pengertian Sistem Komputer & Penjelasanya

Pengertian Sistem komputer adalah elemen-elemen yang berhubungan atau terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dan kegiatan menggunakan komputer. Atau juga bisa diartikan sebagai suatu jaringan elektronik (Software dan Hardware) yang yang melakukan tugas tertentu, seperti input data, menyimpan perintah, menyediakan output berupa informasi, etc. Untuk memperdalam ilmu komputer, kamu bisa memilih jurusan sistem komputer.

Pengertian Sistem Komputer & Penjelasanya
Di era teknologi seperti sekarang ini, sistem komputer bisa mempermudah aktivitas, tugas dan pekerjaan manusia untuk pengolahan data, brupa angka, gambar bahkan kata yang kemudian berubah menjadi suatu perintah, dan masih banyak lagi. Dan untuk Elemen sistem komputer sendiri terdiri dari brainware, software, instruction set dan hardware. Elemen ini adalah yang terlibat pada suatu sistem komputer. Misalkan, Sowftware, yang tidak terwujud tanpa hardware dan tidak akan berfungsi tanpa manusia atau brainware.

Baca juga: Cara Membersihkan Virus Di Laptop

Dengan membaca sidikit ulasan diatas semogakamu sudah bisa memahami apa itu sistem komputer? Karena sekarang kita akan mengenal apa saja didalamnya, sebelum kamu lebih lanjut mengetahui komponen dasar jaringan komputer.


Komponen Sistem Komputer

Komponen sistem komputer terdiri dari
1. Central processing unit (CPU)
2. Module memory
3. Slot tambahan (expansion slot)

  • Main board
  • Disk drive
  • Kipas
  • Power supply

4. Monitor
5. Keyboard
6. Mouse
Dan lainya yang membantu kinerja unit sistem dan membantu agar sistem operasi berjalan dengan normal juga stabil.

Baca disini: Tutorial Mudah Cara Mematikan Komputer Otomatis

Bagian-bagian dari Unit Sistem Komputer

Bagian Depan Unit Sistem

Pada bagian depan ada tempat drive untuk penggunaan dari depan, kemudian internal driver berupai hard disk drive. Dan tergantung dari penggunaan atau kebutuhan hardware yang akan menempati pada umumnya setiap unit sistem memiliki tipe dan style berbeda-beda.

Motherboard

Motherboard berupa papan integrasi yang terdapat kumpulan chip untuk mengatur apa saja kegiatan sistem komputer dan juga memiliki satu chip utama, yakni processor atau lebih lengkapnya microprocessorsa. Selanjutnya motherboard ini juga masih terbagi menjadi lima daerah fungsional, yang diantaranya:

  • Sub sistem processor beserta chip pendukungnya
  • Sub sistem ROM
  • Sub sistem RAM
  • Adaptor terintegrasi I/O 
  • I/O yang meliputi slot ekspansi

Sedang untuk generasi dari motherboard pada sistem komputer dibedakan berdasarkan kecepatan transfer data dalam satuan bit.

Baca: MSI H97 PC Mate Motherboard Murah Untuk PC Gaming

BIOS

BIOS adalah bentuk aplikasi paling rendah yang ada pada komputer untuk mengintegrasikan kinerja hardware serta sistem operasinya. Dengan mudah Anda bisa mengenali Basic Input Output System / Chip BIOS ini, yang umumnya terdapat stiker yang menyatakan merk BIOS itu sendiri. Cara melepas BIOS Anda harus hati-hati agar tidak ada pin bengkok bahkan patah. Anda bisa memanfaatkan obeng kecil untuk mengangkatnya. Dan untuk saat ini motherboard terbaru sudah menggunakan Flash BIOS, yang dimana isi dari BIOS bisa Anda diganti.

Processor

Processor merupakan otak dari PC atau komputer. Letak Processor ini ada pada motherboard, berupa chip yang paling besar yang terdapat fan kecil sebagai pendingin. Kemudian yang perlu Anda tahu, bahwa setiap angka yang mengikuti jenis processor, itu berupa kecepatan transfer data yang dimilikinya. Untuk kebutuhan tertentu, processor juga bisa di Up Grade atau di tingkatkan kecepatannya. Tapi dalam melakukan up grade jangan sampai Over clock atau suatu keadaan dimana kinerja processor tersebut melebihi kecepatan setingkat di atasnya. Sebab akan lebih cepat panas, dan bisa dipastikan tidak akan berumur panjang.

Memory

Selain processor, memory juga masih manjadi bagian penting pada sistem komputer. Sebab fungsii dari memory adalah terminal data, yang dimana pengiriman dari dan ke processor akan disimpan dulu pada memory.

Cache Memory

Untuk Cache Memory ini ada dua tipe, yakni cache memory memiliki beberapa IC pada soket khusus. Dan yang kedua berupa cache memory yang ada pada 2 chip melekat di motherboard.

Expansion Slot dan Expansion Card

Expansion Card iniberupa sockets yang berfungsi melakukan koneksi secara langsung ke dalam electrical bus. Sedangkan jenis Expansion Cards, seperti: Video Cards, Network Interface Cards (NIC), Sound Cards dan Modem Cards. Tapi umumnya untuk laptops serta portable computer memang memiliki PC Cards sendiri.

Port

Terakhir adalah Port yang memiliki fungsi sebagai penempel perangkat dengan konektornya agar terhubung dengan motherboard. Umumnya ports ini terletak pada belakang unit sistem komputer namun.

Demikian pengertian sistem komputer dan sedikit penjelasannya. Semoga bermanfaat untuk dijadikan sebagai tambahan referensi pada materi pengenalan komputer.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Sistem Komputer & Penjelasanya